Sabtu, 19 November 2011

Statistik Deskriptif dengan Minitab


Bagi kebanyakan  mahasiswa, program yang sangat familiar untuk mengolah data-data statistik adalah menggunakan SPSS atau Statistical package for social sciences. Akan tetapi,  sebenarnya banyak software yang bisa digunakan untuk mengolah data-data kuantitatif. Diantaranya adalah MINITAB.  Saya mendapatkan beberapa pertanyaan tentang bagaimana melakukan pengolahan data kuantitatif menggunakan MINITAB.  Karena itulah pada postingan  ini  tentang bagaimana menggunakan MINITAB dalam melakukan analisis statistik deskriptif.
Misalkan kita memiliki data tentang beberapa orang siswa seperti berikut ini:

Langkah pertama melakukan analisis dengan MINITAB  tentu saja adalah membuka minitab sehingga muncul jendela seperti berikut ini.


Masukkan data-data tentang siswa yang kita miliki kedalam jendela worksheet. Untuk kolom C1 masukkan data tentang jenis kelamin, C2 data tentang berat badan dan C3 data jarak rumah ke sekolah.


Untuk melakukan analisis deskriptif data di atas, klik  Stat > Basic Statistics > Display Deskriptif Statistics hingga muncul jendela display descriptive statistics.

Pada bagian variabel masukkan variabel yang ingin kita lihat statistic deskriptifnya. Dalam hal ini masukkan angka c2 – c3 atau bisa juga menulis c2 c3. Cara lain yang bisa digunakan adalah mengklik variabel di kolom bagian paling kiri kemudian pilih select. Secara otomatis, variabel tersebut akan muncul pada kolo variabel di sebelah kanan.  Hasil analisis apa saja yang kita inginkan dapat dilakukan dengan mengklik Statistics kemudian mencentang hasil apa yang kita inginkan.  Setelah itu klik OK.

Hasil analisis adalah sebagai berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar